SPECIAL HOT SUP

Menu yang satu ini tentu tak asing bagi kita. Sup. Tapi bagaimana warung khasmiir meramunya ?  Pada umumnya sup berisi wortel, kentang, sayuran seperti wortel, buncis, kapri, tomat ditambah dengan kaldu yang berasal dari daging sapi atau ayam.
Ternyata di balik kelezatan sajian berkuah ini tersimpan formula super untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita loh. Simak saja penjelasan di bawah ini:

Wortel
Wortel sangat kaya dengan zat gizi, baik mineral maupun zat antioksidan. Ia kaya dengan vitamin A, B dan C, zat besi, kalsium, kalium. Wortel acap kita sebut sebagai makanan yang dapat membantu kesehatan mata, yaitu mempertajam daya penglihatan. Namun di balik itu, wortel juga dapat memberi daya peningkat vitalitas yang alami.
Kandungan zat besi yang terdapat dalam wortel juga dapat meningkatkan jumlah sel darah yang dapat menolong mencerahkan kulit, terutama pada Anda yang menderita anemia atau kelelahan. Beta karoten yang terdapat dalam wortel dapat meningkatkan kesehatan mata dan dapat menghambat pertumbuhan tumor, terutama sel-sel kanker pada paru-paru dan pankreas akibat kebiasaan merokok.

Buncis
Buncis mengandung vitamin dan serat. Vitamin ini berfungsi membantu kelancaran proses metabolisme di dalam tubuh, dan serat membantu tubuh mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Kol
Kol mengandung senyawa indola-3-karbinol. Kol yang bersaudara dengan brokoli, berfungsi membantu tubuh untuk membuang estrogen-estrogen berbahaya pemicu kanker, khususnya kanker payudara. Sejumlah penelitian menyatakan kol juga membantu menyembuhkan maag. Namun sebaiknya kol dimasak tidak terlalu matang, atau bahkan mentah agar khasiatnya lebih besar.

Kentang
Kentang mengandung vitamin B6, yang peranannya besar sekali dalam membantu pemanfaatan protein oleh tubuh. Kentang juga mengandung zat besi, yaitu mineral yang dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin sel darah merah dan juga merupakan bahan makanan sumber tenaga untuk bergerak.

Seledri
Selain memberikan aroma penyedap yang khas, seledri juga berkhasiat untuk kesehatan. Seledri atau bahasa latinnya apium graveolens mengandung protein, kalsium, zat besi, manitol, nocotonic acid dan anositol yang berguna untuk ibu hamil. Kandungan zat-zat gizi tersebut juga berguna untuk menurunkan tekanan darah, mengusir lemak darah, kolesterol tinggi dan sangat baik untuk hipertensi.

Tomat
Tomat cukup ampuh dalam melawan racun-racun yang masuk ke tubuh termasuk infeksi karena kaya vitamin antioksidan dan mineral. Tomat mengandung vitamin A, C dan E serta asam folat dan zat besi yang dapat meningkatkan energi.
Bawang putih
Bawang putih mengandung allicin yang dapat mengikat protein dan mengubah struktur protein sehingga lebih mudah dicerna. Bawang putih juga mengandung germanim, yaitu zat yang mempunyai khasiat sebagai anti kanker dan berkhasiat menurunkan kadar kolesterol darah dan menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bawang putih juga menghambat pembentukan sel kanker dengan mencegah terbentuknya nitrosamin, zat yang memicu kanker (karsinogenik) dan mengaktifkan sel-sel yang menghasilkan enzim pengontrol pembiakan sel.

Di samping itu, bawang putih juga meningkatkan stamina tubuh dan sebagai anti pembekuan darah.
Selain bahan-bahan di atas, ada juga yang ditambahkan dalam sup seperti daging atau tulang sapi, ayam, sosis, daun kapri, jamur kuping, udang, ikan yang meningkatkan nilai gizi semangkuk sup. Mau coba ? Datang ke warung khasmiir ...!